Review Huawei Nova 7, lebih asyik dari seri Nova sebelumnya

Oleh: Erlanmart - Rabu, 19 Agst 2020 19:15 WIB

Ukuran layar Nova 7 agak lebih besar 6,53 inci dibandingkan dengan Nova 5T dengan ukuran layar 6,26 inci.

Bisa dibilang Huawei Nova 7 adalah ponsel penerus Nova 5T yang diluncurkan oleh Huawei pada tahun lalu. Sebagai sang penerus, tentu saja Nova 7 dilengkapi dengan spesifikasi teknis yang lebih andal seperti kamera utama belakang yang kini beresolusi lebih tinggi 64 MP. Sebagai pembanding, Nova 5T dilengkapi dengan kamera belakang 48 MP.

Meski demikian, baik Nova 7 dan Nova 5T sama-sama dilengkapi dengan konfigurasi empat kamera di bagian belakangnya. Dari segi performa, Nova 7 yang berada di tangan saya ini dilengkapi dengan prosesor Kirin 985 yang dikombinasikan dengan RAM 8 GB serta penyimpanan internal 256 GB. Berikut hasil ulasan yang saya lakukan.

Desain

Menilik desainnya, Nova 7 sepintas tidak jauh berbeda dengan Nova 5T. Namun, ukuran layar Nova 7 agak lebih besar 6,53 inci, dibandingkan dengan Nova 5T yang memiliki layar 6,26 inci. Perbedaan yang paling signifikan dalam hal layar adalah bahwa Nova 7 kini menggunakan panel berbasis OLED, sedangkan Nova 5T masing menggunakan teknologi IPS.

Dengan demikian, performa layar Nova 7 jauh mengungguli Nova 5T dari segi kontras, kecerahan warna, saturasi warna, bidang pandang, dan lain-lain. Karena Nova 7 dilengkapi dengan teknologi panel OLED, maka ponsel terbaru dari Huawei ini mengusung sensor sidik jari di layar. Sebagai informasi, karena masih menggunakan panel LCD maka sensor sidik Nova 5T tidak ada di layar. Huawei melengkapi sensor sidik jari ponsel tersebut menjadi satu dengan tombol daya.