Review Fujifilm X-A7: semudah menggunakan ponsel

Oleh: Erlanmart - Jumat, 15 Nov 2019 19:05 WIB

Perusahaan asal Jepang tersebut mendesain antarmuka X-A7 menyerupai kontrol pada ponsel. Hal ini agar menyajikan kemudahan bagi yang baru memegang kamera mirrorless.

Fujifilm X-A7 hadir sebagai penerus kamera mirrorless X-A5 yang hadir tahun lalu. Seri ini masuk ke dalam segmen entry-level sehingga diklaim cocok bagi kamu yang ingin mendapatkan foto dengan hasil yang baik untuk diunggah di media sosial. Perusahaan asal Jepang tersebut mendesain antarmuka X-A7 menyerupai kontrol pada ponsel. Hal ini menawarkan kemudahan bagi yang baru mencoba kamera mirrorless.

Desain

Ada sedikit perbedaan dalam hal desain antara X-A7 dan X-A5, dimana X-A7 terlihat lebih simpel dibandingkan  kakaknya. Hal ini dikarenakan mirrorless terbaru dari Fujifilm tersebut minim tombol fisik di bagian belakang kamera. Sebagai catatan, X-A5 memiliki banyak tombol kontrol untuk melakukan navigasi menu dan melakukan penyesuaian mode pemotretan.

Bagian belakang X-A7 hanya dilengkapi dengan dua tombol (Menu/OK dan Display/Back), serta satu joystick lima arah. Desain simpel ini kemungkinan besar dikarenakan oleh layar X-A7 yang memiliki aspect ratio 16:9, sehingga menyisakan sedikit ruang untuk tombol-tombol pengaturan.

Pada bagian bahu kamera, ada tiga dial kontrol yang masing-masing berfungsi untuk memilih mode pemotretan/perekaman, pengaturan kecepatan shutter (tergantung mode yang dipilih), dan mengatur kompensasi exposure (dial yang paling kanan).