RAM lebih besar bikin smartphone lebih kencang?

Oleh: Riandanu Madi Utomo - Senin, 23 Jul 2018 14:12 WIB

Benarkah dengan menambah RAM menjadi 4GB dari 3GB bisa membuat smartphone ini menjadi lebih kencang?

Asus Zenfone Max Pro (M1) memang merupakan salah satu smartphone yang paling diminati di Indonesia. Warganet bahkan menjuluki smartphone ini sebagai "ponsel ghaib" karena sulit didapat berkat permintaannya yang tinggi. Salah satu yang diunggulkan oleh Asus pada smartphone tersebut adalah spesifikasinya yang mumpuni dan dibanderol dengan harga cukup terjangkau.

Zenfone Max Pro (M1) dipasarkan sebagai smartphone gaming yang terjangkau. Wajar jika ia sangat unggul di spesifikasi dan harga. Dari ulasan kami sebelumnya, performa smartphone ini memang sangat baik untuk harga yang ditawarkan. Tidak hanya itu, ia juga memiliki memori yang sudah sangat mumpuni yaitu RAM sebesar 3GB dan penyimpanan internal 32GB.

Tapi bagaimana kalau kapasitas memori tersebut masih kurang? Untungnya Asus juga sudah menyediakan varian dengan RAM 4GB dan penyimpanan internal 64GB. Varian ini diklaim lebih kencang dari saudaranya. Benarkah demikian?


Baca juga:

Review jujur Asus Zenfone Max Pro M1: bukan hape setrikaan


Sepertinya saya tidak perlu menjelaskan kembali desain yang diusung oleh smartphone ini karena bodinya sama persis dengan varian yang sudah diulas sebelumnya. Fiturnya juga masih sama persis, mulai dari pembaca sidik jari, face unlock, dan masih tampil dengan kamera ganda.