Menggali ulang arti sebuah laptop gaming ideal

Oleh: Riandanu Madi Utomo - Senin, 24 Sep 2018 07:00 WIB

Semua gamer yang lebih suka menggunakan laptop pasti mendambakan laptop gaming yang ideal. Tapi seperti apa laptop gaming yang ideal itu?

Di kalangan penyuka video gim, Ada yang berpendapat bahwa laptop gim ideal seharusnya memiliki performa yang mendekati PC desktop. Ada juga yang berpendapat kalau laptop gaming tidak perlu sekencang PC desktop, tapi masih bisa dibawa bepergian. Sayangnya, dua hal tersebut yang para gamer dambakan, bodi ringkas dan performa kencang, selalu saja saling bertentangan satu sama lain. Hal inilah yang membuat sulit untuk mendefinisikan laptop gaming ideal itu sendiri.

Jika ingin tampil dengan performa sangat kencang, vendor laptop gaming harus membuat laptop dengan bodi yang besar sehingga bisa ditanamkan sistem pendingin yang besar. Tujuannya jelas, sistem pendingin tersebut nantinya bisa mendinginkan komponen di dalamnya secara optimal.

Sebaliknya laptop dengan bodi ringkas justru akan lebih kesulitan mendinginkan komponen di dalamnya. Itu sebabnya laptop dengan bodi yang ringkas biasanya hadir dengan hardware yang sedikit "dipelankan" agar tidak menimbulkan banyak panas.

Mobilitas + Durabilitas

Dari cukup banyak laptop gaming yang pernah saya jajal, Asus ROG STRIX Hero II adalah salah satu laptop yang bisa jadi ideal. Bodinya memang bukan yang paling tipis dan performanya bukan yang terkencang. Tapi ia sangat mudah dibawa bepergian dan masih bisa diajak bermain gim dengan sangat lancar di konfigurasi grafis maksimal.

Tag