Membandingkan kamera Samsung Galaxy S20 & Huawei P40, bagus mana?

Oleh: Erlanmart - Jumat, 24 Jul 2020 13:02 WIB

Setelah beberapa waktu membandingkan kamera Samsung Galaxy S20 Plus dan Huawei P40, kini saya akan membandingkan performa kamera Samsung Galaxy S20 dan Huawei P40. Sebagai catatan, focal length yang saya sebutkan selama uji coba di sini sudah disetarakan dengan kamera format 35mm.

Beberapa waktu lalu saya telah membandingkan performa kamera Samsung Galaxy S20 Plus dengan kamera Huawei P40 Pro. Pada kesempatan kali ini saya akan membandingkan kamera dari Samsung Galaxy S20 dan Huawei P40. Sebagai catatan, focal length yang saya sebutkan selama uji coba di sini sudah disetarakan dengan kamera format 35mm ya.

Saya mulai dengan konfigurasi kamera belakang. Galaxy S20 dilengkapi dengan tiga kamera. Kamera utamanya dilengkapi dengan lensa lebar beresolusi 12 MP berbasis stabilisasi OIS, kamera kedua menggunakan lensa telefoto beresolusi 64 MP serta stabilisasi OIS. Sedangkan kamera ketiga berguna untuk pemotretan ultra lebar dengan resolusi 12 MP.

Sedangkan kamera Huawei P40 juga dilengkapi dengan konfigurasi tiga kamera di belakangnya. Kamera utama mengusung sensor 50 MP serta lensa lebar dengan basis stabilisasi OIS, kamera kedua memiliki resolusi 8 MP untuk kebutuhan memotret telefoto zoom optik 3x dengan OIS. Kamera terakhir dilengkapi lensa ultra lebar beresolusi 16 MP. Hal yang tidak kalah penting adalah kamera belakang P40 merupakan hasil kerjasama dengan Leica.

Mengingat P40 memiliki focal length yang lebih panjang, maka modul keseluruhan kamera belakangnya lebih menonjol jika dibandingkan dengan S20. Focal length terpanjang dari P40 adalah 80mm, sedangkan focal length terpanjang S20 adalah 29mm.