Intel Core i9-1200K, rajanya produktivitas!

Oleh: Nur Chandra Laksana - Senin, 08 Nov 2021 18:30 WIB

Intel berhasil menunjukkan taji mereka kepada para pesaingnya dengan menghadirkan Intel Core i9-12900K.

Intel baru saja secara resmi mengangkat embargo untuk hasil benchmark dari CPU terbaru mereka, yakni Intel Core generasi ke-12, atau yang akrab dipanggil Intel Alder Lake. Banyak hal menarik yang dibawa oleh Intel di prosesor generasi terbaru mereka ini, yang membuatnya terlihat lebih menarik jika dibandingkan dengan CPU generasi sebelumnya dan juga para pesaingnya.

Pada kesempatan kali ini, kami sangat beruntung karena mendapatkan dua CPU Intel sekaligus untuk dicoba. Kami pun mendapatkan prosesor Intel Core i9-12900K dan Core i5-12600K.

Untuk ulasan kali ini, kami baru membahas satu prosesor saja dikarenakan ada beberapa tantangan yang membuat kami harus menunda untuk melakukan pengujian lebih dalam untuk kedua prosesor. Salah satunya adalah RAM DDR5, mengingat salah satu fitur utama yang ditonjolkan oleh Intel adalah dukungan RAM generasi terbaru. 

Apa sih yang baru?

Salah satu hal yang ditekankan oleh Intel di Intel Core generasi ke-12 ini adalah dukungan RAM DDR5 dan PCIe Gen 5. Ya, keduanya merupakan sebuah terobosan baru di dunia teknologi, terutama untuk PC.

Mereka menggunakan teknologi fabrikasi 10nm atau yang disebut sebagai Intel 7 untuk jajaran CPU yang satu ini. Jadi kita dapat berharap akan ada lonjakan performa yang cukup tinggi dan efisiensi daya yang besar di jajaran keluarga Intel Alder Lake ini.