Adu kamera Samsung S20 Plus vs Huawei P40 Pro

Oleh: Erlanmart - Rabu, 13 Mei 2020 19:52 WIB

Karena sama-sama ponsel flagship di rentang harga yang sama (Rp14.499.000) maka tidak ada salahnya kita membandingkan ponsel flagship dari Samsung dan Huawei tersebut.

Beberapa waktu lalu Samsung mendaratkan salah satu ponsel flagship mereka ke pasar Indonesia, yaitu Galaxy S20+ yang merupakan bagian dari ponsel Galaxy S20 Series. Sekitar sebulan kemudian, Huawei juga secara resmi meluncurkan ponsel flagship mereka lewat seri P40 Series, salah satunya adalah Huawei P40 Pro. Karena sama-sama ponsel flagship di rentang harga yang sama (Rp14.499.000) maka tidak ada salahnya saya membandingkan ponsel flagship dari Samsung dan Huawei tersebut.

Sama-sama punya 4 kamera belakang

Baik S20+ dan P40 Pro dibekali konfigurasi empat kamera di bagian belakangnya. Meski demikian, tidak semua lensa yang digunakan pada kedua ponsel tersebut sama persis. Kamera utama pada P40 Pro memiliki sensor beresolusi 50 MP dengan ukuran 1/1.28 inci, kamera selanjutnya adalah lensa telefoto jenis periskop beresolusi 12 MP 5x zoom optik. Selanjutnya ada kamera lensa ultra lebar beresolusi 40 MP. Dan terakhir adalah kamera TOF 3D.

Kamera utama S20+ memiliki resolusi 12 MP, sedangkan kamera telefoto ponsel milik Samsung ini dibekali sensor 64 MP. Ada pula kamera berlensa ultra lebar dengan resolusi 12 MP. Sama seperti Huawei P40 Pro, Samsung juga membekali kamera TOF 3D pada S20+ agar dapat mendeteksi antara subjek utama dan latar belakang sehingga mampu menghasilkan efek foto bokeh.

Ketika saya menjajal kamera lensa ultra lebar pada S20+, sangat minim gangguan distorsi. Hal ini dibuktikan pada tembok rumah berwarna putih di sebelah kiri. Awan pada langit juga terlihat jelas. Tetapi mengingat saya mengambilnya dalam keadaan cuaca mendung, langit yang berwarna biru tampaknya kurang akurat, yang seharusnya langit itu agak putih campur abu-abu. Meski demikian secara keseluruhan warna yang ditampilkannya cukup baik, salah satunya diwakilkan oleh daun-daun.