Mengenal HarmonyOS, juru selamat Huawei

Oleh: Nur Chandra Laksana - Senin, 19 Agst 2019 17:56 WIB

Meskipun Huawei sudah memiliki OS pengganti Android yakni, HarmonyOS, mereka masih berharap agar semua perangkat smartphone dan tablet mereka menggunakan OS Android.

HarmonyOS

Perang dagang antara Amerika dan Tiongkok hingga saat ini masih memanas. Huawei pun dipastikan tidak akan mendapatkan pembaruan OS Android terbaru oleh Google untuk perangkat smartphone mereka.

Sempat beredar kabar bahwa mereka telah mengembangkan sistem operasi tersendiri, yang bernama HongMeng OS. HongMeng OS tersebut dikembangkan Huawei selama dua tahun terakhir, dan kabarnya baru terendus awal 2019 lalu.

Para pemburu informasi terus mencari berita mengenai HongMeng OS. Pada akhirnya, pertengahan Juli lalu Huawei mengatakan bahwa ternyata, OS tersebut dibuat secara khusus untuk connected devices dan produk IoT mereka, dengan perangkat TV pintar menjadi produk pertama yang menggunakan HongMeng OS.

Tapi, secara mengejutkan, pada pertengahan Agustus kemarin, mereka secara gamblang meluncurkan OS custom untuk smartphone mereka, yakni HarmonyOS. Mereka mengumumkan hal tersebut pada konferensi pengembang tahunan Huawei.

CEO Huawei Business Consumer Group, Richard Yu, mengatakan HarmonyOS sudah siap berjalan pada perangkat smartphone mereka. Artinya, HarmonyOS memang ditujukan untuk menciptakan ekosistem terpadu bagi jutaan pengguna yang potensial. Kemungkinan besar, OS ini akan menjadi juru selamat untuk Huawei.