Kronik Huawei, digrogoti organisasi standarisasi internasional

Oleh: Lalu Ahmad Hamdani - Selasa, 28 Mei 2019 14:24 WIB

Tubuh Huawei saat ini tengah digerogoti dari luar dan dalam. Beberapa badan dan organisasi penetapan standar internasional telah mencabut keanggotaan Huawei. Dampaknya sejauh mana?

Beberapa organisasi badan standar global telah mengeluarkan Huawei dari daftar keanggotaan mereka. Hal ini memengaruhi dasar hukum dan menghalangi pengembangan serta biaya di industri secara lebih luas lagi.

Dalam keterangan mereka pada Nikkei Asian Review, Huawei menilai, tindakan organisasi global tersebut tidak akan memengaruhi operasi harian mereka. Huawei percaya mereka masih mampu menghadirkan produk dan layanan yang kompetitif.

Perlu dikatahui, organisasi-organisasi seperti asosiasi kartu memori SD dan aliansi Wi-Fi membatasi akses Huawei, setelah mereka mematuhi regulasi Departemen Perdagangan dan Keamanan Amerika. Sementara itu, JEDEC, organisasi yang menentukan standar bagi industri semionduktor mengatakan, mereka mengangguhkan keanggotan Huawei dari organisasi mereka.

Huawei membela diri, mereka tidak pernah melanggar aturan organisasi-organisasi tersebut. Huawei menganggap, beberapa organisasi ini memutuskan untuk mengeluarkan mereka dari keanggotaan tanpa dasar hukum yang jelas.

Huawei berpendapat, keputusan seperti ini akan menghasilkan standar yang terfragmentasi, termasuk fragmentasi dalam standar teknologi informasi dan komunikasi. Keputusan ini pun hanya akan berfungsi untuk menaikkan biaya dan risiko bagi semua pemain di keseluruhan rantai pasokan industri.