5 wanita inspiratif yang membuka jalan bagi generasi STEM

Oleh: Lysti Rahma - Jumat, 08 Mar 2024 13:04 WIB

Dalam perayaan International Women’s Day 2024, National Inventors Hall of Fame® (NIHF) menghadirkan kisah-kisah inspiratif dari lima wanita berprestasi yang telah merubah wajah dunia STEM.

Sumber: National Inventors Hall of Fame® (NIHF)

Dalam perayaan International Women’s Day 2024, National Inventors Hall of Fame® (NIHF) menghadirkan kisah-kisah inspiratif dari lima wanita berprestasi yang telah merubah wajah dunia teknologi. Mereka bukan hanya ahli di bidang mereka, tetapi juga menjadi pionir yang membuka jalan bagi generasi mendatang di dunia STEM (ilmu pengetahuan, teknologi, rekayasa, dan matematika).

Tema International Women’s Day tahun 2024 adalah: "Investing in Women: Accelerating Progress." Tema ini mencerminkan pengakuan terhadap perempuan sebagai katalisator perubahan positif dan pengakuan akan peran penting yang mereka mainkan dalam membentuk masa depan yang lebih baik untuk semua.

Dengan memfokuskan pada investasi dalam perempuan, kita mengakui bahwa kemajuan dan pembangunan yang sejati hanya dapat tercapai ketika perempuan diberikan sumber daya, peluang, dan dukungan yang mereka butuhkan untuk berkembang. Investasi ini melibatkan berbagai aspek, termasuk pendidikan, kesehatan, pemberdayaan ekonomi, dan peluang kepemimpinan.

Berikut 5 kisah wanita inspiratif versi National Inventors Hall of Fame® (NIHF)

Marian Croak
Sebagai Inductee NIHF, Marian Croak membuktikan bahwa teknologi dapat membawa dampak positif dalam kehidupan sehari-hari. Pekerjaannya di Bell Labs dan AT&T memunculkan hasratnya untuk menciptakan cara baru menggunakan teknologi. Penciptaan teknologi Voice over Internet Protocol (VoIP) oleh Croak mengubah paradigma komunikasi, memanfaatkan internet untuk mentransmisikan pesan suara. VoIP tidak hanya merubah cara kita berkomunikasi, tetapi juga menjadi kunci penting untuk pekerjaan jarak jauh, konferensi, dan komunikasi personal.