Smartphone tiga jutaan bisa memotret sunset sebagus ini

Oleh: Tek ID - Kamis, 04 Apr 2019 20:35 WIB

Menggunakan Oppo F11 yang duduk di kelas menengah, ternyata mampu menghasilkan gambar bagus di saat sunset.

Dalam dunia fotografi, ada istilah Golden Hour. Istilah ini sebutan untuk momen dimana foto menjadi lebih hidup, sesaat sebelum matahari terbit (sunrise) atau sebelum matahari terbenam (sunset). Waktunya kira-kira dari pukul 5-7 pagi atau 5-7 sore.

Dalam rentang waktu itulah kualitas cahaya memotret outdoor jadi sangat baik. Gradasi warna dari  matahari yang terbit dan tenggelam menerpa objek foto dengan kemiringan tertentu.

Mata manusia normal biasanya mampu menangkap keindahan momen ini. Kendati begitu untuk mengabadikannya, butuh peralatan khusus, seperti lensa dan kamera digital. Apakah smartphone biasa bisa menangkap momen ini?

Smartphone kelas menengah seperti Oppo F11 yang saya gunakan saat ini, sudah mumpuni untuk menangkap momen Golden Hour. Pasalnya kamera ponsel ini memiliki resolusi 48 MP. Resolusi yang besar sekali untuk ukuran sebuah smartphone. Lalu yang terpenting adalah, bukaan diafragma di kamera Oppo F11 ini, mencapai f/1.79.

Dengan begitu, Oppo F11 punya kepekaan cahaya yang tinggi. Cahaya akan lebih banyak masuk ke lensa kamera Oppo F11, sehingga membantunya menangkap gambar dalam kondisi cahaya seminim mungkin.

Editor