Samsung pamerkan video uji daya tahan Galaxy Z Flip3 & Z Fold3

Oleh: Zhafira Chlistina - Selasa, 12 Okt 2021 09:10 WIB

Setelah diklaim layar retak oleh banyak pengguna Galaxy Z Flip3, Samsung membagikan video uji durabilitas pada dua smartphone lipat barunya tersebut.

Samsung membagikan cuplikan video yang menunjukkan kekuatan smartphone lipat barunya, Galaxy Z Fold3 dan Galaxy Z Flip3 dalam uji daya tahan. Anehnya, perusahaan baru memamerkan video tersebut hampir 2 bulan setelah perangkat diluncurkan. Ini memicu spekulasi bahwa Samsung ingin mematahkan klaim terkait kerusakan pada layar Galaxy Z Flip3 baru-baru ini. 

Dalam video yang diunggah di situs web dan akun YouTube Samsung Newsroom, terdapat 4 tes terpisah yang dilakukan pada kedua smartphone. Tes pertama adalah Samsung menunjukkan 4 tes terpisah. 

“Pengujian inovatif dan berteknologi tinggi kami meliputi ruang lingkungan, tahan air, kegunaan S Pen, dan uji lipat,” kata Samsung dalam unggahan di situsnya.

Tes pertama adalah pengujian suhu, di mana smartphone diletakkan di dalam lemari pendingin dan masih berfungsi. Tes lainnya merendam Galaxy Z Flip3 ke dalam air tawar. Tes ini menunjukkan smartphone tetap memutar video meskipun direndam air. Ini menguji peringkat IPX8 yang dimiliki Galaxy Z Flip3 maupun Z Fold3, di mana smartphone dapat bertahan di bawah 1,5 meter air tawar hingga setengah jam.

Selain itu, video juga menunjukkan pengujian S Pen serta uji lipat menggunakan lengan robot. Seperti yang diklaim Samsung sebelumnya, kedua perangkat menjalani tes lipat yang cukup ketat, dan bertahan hingga 200.000 lipatan, atau sekitar 5 tahun penggunaan dengan 100 kali buka tutup setiap hari.