Google Pixel 4 hadir dengan teknologi radar

Oleh: Hieronimus Patardo - Rabu, 16 Okt 2019 10:33 WIB

Google mendapuk Pixel 4 series sebagai smartphone pertama yang mengandalkan teknologi radar. Berkat itu, smartphone ini memiliki fitur bernama Motion Sense.

Source: YouTube

Google baru saja meluncurkan Pixel 4 series. Selain hadir dengan spesifikasi tinggi, flagship terbaru Google ini juga diklaim sebagai smartphone pertama yang memiliki radar. Ya, Google menyebutnya sebagai Project Soli. 

Project Soli merupakan teknologi berbasis radar yang dikembangkan oleh Google. Berkat adanya hal itu, Pixel 4 hadir dengan fitur bernama Motion Sense. Sesuai dengan namanya, smartphone ini akan dapat mengenali gerakan tertentu dari penggunanya. Berkat adanya radar itu juga, Google Pixel 4 diklaim menawarkan face unlock paling cepat dan aman pada sebuah smartphone

Dalam acara peluncuran tersebut, Google pun memamerkan kapabilitas fitur Motion Sense ini. Fitur itu dapat digunakan untuk melewati lagu, meredam panggilan dan bahkan berinteraksi dengan pokemon. 

Fitur ini memungkinkan Pixel 4 untuk merasakan saat pengguna meraih ponsel dan bersiap untuk membuka kunci layarnya. Bukan hanya itu, Pixel 4 juga dapat merasakan gerakan pengguna ketika hendak menurunkan volume. Sabrina Ellis, Wakil Presiden Produk Google menyebut bahwa pengguna dapat menonaktifkan fitur ini kapan saja. 

Yang menarik adalah, seluruh pengenalan gesture ini dilakukan secara lokal. Artinya, Google tidak akan mengumpulkan atau membagi informasi apapun terkait gesture tersebut ke layanan Google lainnya. Ellis juga menyebut bahwa tim Project Soli saat ini masih bekerja untuk memperluas cakupan fitur tersebut. Ke depannya, fitur Motion Sense-nya akan mendukung aktivitas gaming dan kebutuhan personal lainnya.