Toyota ganti layar tradisional dalam mobil dengan kacamata AR

Oleh: Zhafira Chlistina - Selasa, 18 Jul 2023 15:56 WIB

Toyota berencana memasukkan fitur penyesuaian cahaya otomatis, termasuk penyesuaian kromatisitas pada kacamata AR untuk menghindari masalah visibilitas pada layar konvesional.

Toyota baru-baru ini mengajukan paten untuk konsep terobosan terbarunya, mengganti layar tradisional dalam mobil dengan kacamata augmented reality (AR). 

Pengembangan ini bertujuan untuk meningkatkan pengalaman berkendara dan meningkatkan keselamatan pengendara di jalan. 

Layar konvensional memiliki masalah visibilitas yang biasanya disebabkan oleh sinar matahari yang cerah di siang hari dan cahaya lampu yang menyilaukan di malam hari. Ini dapat menghalangi kemampuan pengemudi untuk melihat informasi di layar dengan jelas. 

Untuk mengatasi hal ini, Toyota berencana memasukkan fitur penyesuaian cahaya otomatis, termasuk penyesuaian kromatisitas pada kacamata AR ini. Jika berhasil, teknologi ini bahkan bisa menggantikan pelindung matahari. 

Selain itu, kacamata AR juga akan dilengkapi dengan kamera, speaker, headphone, dan mikrofon untuk meningkatkan fungsionalitas. Kamera internal akan melacak pergerakan mata dan memantau kondisi jalan, bekerja bersama dengan modul dan sensor GPS.