10 istilah AI yang mungkin kamu belum tahu

Oleh: Erlanmart - Kamis, 30 Nov 2023 18:09 WIB

Istilah "AI", atau kecerdasan buatan, telah digunakan dalam ilmu komputer sejak tahun 1950-an. Namun, kebanyakan orang di luar industri teknologi baru mulai membicarakannya pada akhir tahun 2022. Berikut adalah beberapa istilah yang perlu diketahui seputar AI.

Saat ini teknologi kecerdasan buatan (AI) semakin berkembang pesat dan telah digunakan dalam berbagai hal seperti mendeteksi dan/atau membuat gambar, navigasi, ramalan cuaca, aplikasi, dan banyak lagi. AI juga telah memiliki kemampuan dalam belajar data dengan menganalisis dan menerima data tersebut tanpa adanya kesalahan dalam membaca data.

Sistem AI sendiri memiliki algoritma khusus, semakin banyak data yang telah dianalisis maka sistem AI akan menjadi lebih andal dalam membaca data dan memprediksinya. Ini semua berkat kemajuan terbaru dalam machine learning yang menuntun kita pada terobosan besar. Berikut adalah beberapa istilah yang perlu diketahui seputar AI.

1. Kecerdasan buatan

AI adalah sistem komputer yang sangat cerdas, yang dapat meniru manusia dalam beberapa hal. Misalnya memahami apa yang disampaikan orang, membuat keputusan, menerjemahkan bahasa, menganalisis apakah sesuatu bernada negatif atau positif, dan bahkan belajar dari pengalaman.

Sifatnya “buatan” karena kecerdasannya dibuat oleh manusia menggunakan teknologi. Kadang orang mengatakan sistem AI memiliki otak digital, tetapi AI bukanlah mesin atau robot fisik — AI adalah program yang berjalan di komputer.