sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
Sabtu, 20 Jan 2018 08:00 WIB

2018 pasar ponsel premium turun, Bitcoin naik

TSMC memproyeksikan ponsel pintar premium akan kehilangan pasar, sementara aktivitas penambangan Bitcoin akan tumbuh

Produsen chipset seri A Apple, Taiwan Semiconductor Manufacturing Co. (TSMC), pesimis dengan pertumbuhan pasar ponsel pintar segmen premium. Menurut laporan yang kami rangkum dari 9to5mac (18/1), justru pasar cryptocurrency akan lebih baik ketimbang bisnis smartphone premium.

C.C. Wei, coo-Chief Executive TSMC mengatakan, "Ponsel pintar kelas menengah dan bawah akan naik pangsa pasarnya beberapa persen. Secara keseluruhan, penjualan ponsel pintar akan datar-datar saja, bila dibandingkan 2017," ujarnya.

Pertambangan Bitcoin makin seksi

Dari kacamata pelaku industri semi konduktor, justru penambangan mata uang digital menjadi salah satu primadona baru. Sejak semester kedua 2017 lalu, Bitmain, startup spesialis pertambangan Bitcoin, berkembang menjadi salah satu klien top TSMC.

Bitmain mengontrol 70-80 persen pasar Bitcoin global. Pendapatan TSMC dari Bitmain tahun ini bisa menyumbang angka hingga 5 persen. Kendati begitu, TSMC sadar risiko mata uang digital ini sangat besar di industri.

Sangat sulit memprediksi fenomena Bitcoin dalam jangka panjang. Namun permintaan terhadap produk semi konduktor yang memiliki kemampuan AI dan blockchain, merupakan elemen yang penting dalam bisnis ini. Inilah yang akan menggerakkan inoasi dan permintaan di sektor semi konduktor dalam beberapa tahun ke depan.

TSMC sendiri mengklaim, pendapatan dari pertambangan Bitcoin mencapai USD350-400 juta selama periode Juli-September tahun lalu.

Share
×
tekid
back to top